Rabu, 19 November 2014

Organda Berencana Mogok Beroperasi

Baca Juga :

Organda Berencana Mogok Beroperasi 

Organisasi Angkutan Darat (Organda) DKI Jakarta berencana menggelar aksi mogok
lantaran pemerintah daerah belum menetapkan kenaikan tarif kendaraan umum. Kenaikan tarif ini penting karena harga bahan bakar minyak bersubsidi sudah dinaikkan lebih dulu oleh pemerintah pusat. 

"Kami sudah sepakat untuk tak beroperasi besok. Tak mungkin kami operasikan angkutan umum, sementara kami tak sanggup membiayai," kata Sekretaris Unit Bus Kota Organda DKI Jakarta Azas Tigor Nainggolan, Selasa, 18 November 2014.

Kesepakatan ini, kata dia, dibicarakan dalam Musyawarah Kerja Nasional Organda dua hari yang lalu. Azas mengatakan tak hanya Organda DKI yang akan mogok, tapi juga Organda di seluruh daerah. "Ini kesepakatan Organda nasional."

Pengusaha Metro Mini ini mengatakan harga solar belum naik saja mereka sudah kesulitan lantaran minimnya penumpang. Kini BBM bersubsidi malah naik Rp 2.000 per liter. "Beban biaya operasional makin tinggi, kami makin kesulitan," kata Azas. (Baca juga: Harga BBM Naik, Menkeu: Inflasi Naik 2 Persen)

Semestinya, kata Azas, pemerintah daerah menaikkan tarif angkutan umum dan memberikan insentif terlebih dulu sebelum pengumuman kenaikan harga BBM bersubsidi. Dengan begini, angkutan umum tak akan menanggung beban tinggi dan tetap bisa beroperasi.

Azas mengatakan aksi mogok ini dilakukan sampai pemerintah daerah menyesuaikan tarif dan memberikan kebijakan berupa insentif bagi angkutan umum, seperti pengurangan pajak dan jaminan bahwa biaya perawatan tak naik. Soalnya, menurut dia, jika hanya tarif angkutan yang dinaikkan, para pengusaha akan tetap kesusahan lantaran harga barang sudah naik. "Semua sudah naik, gaji karyawan juga harus naik," ujar Azas.

Presiden Joko Widodo mengumumkan kenaikan harga BBM bersubsidi sebesar Rp 2.000 per liter semalam. Harga Premium yang semula Rp 6.500 naik menjadi Rp 8.500. Sedangkan solar dari Rp 5.500 menjadi Rp 7.500. (Baca: BBM Naik Rp 2.000, Tarif Angkutan Naik Pekan Ini)

NUR ALFIYAH-tempo.co
Previous Post
Next Post

post written by:

  • 0 Comment
  • Comment

Leave your comment

[+] Silahkan tinggalkan komentar
[+] Berkomertarlah dengan santun
[+] Mohon tidak meninggalkan live link
[+] Terima kasih untuk komentar anda