Calender Sepenjang Masa Dengan Ms Excel

- Mei 20, 2016
infoalya.com

Judul yang ga penting, tapi kenapa saya beri nama calender sepenjang masa ? setidaknya itu yang akan ditampilkan pada Ms Excel yang sebentar lagi kita akan mencoba untuk membuatnya. Berikut ini langkah-langkahnya :

Di sel D4 tuliskan bulan dalam bentuk angka  (1 - 12), disini saya beri contoh bulan Mei jadi saya tulis dengan angka 5, lalu tulis tahun di sel J4, contohnya  2016.

Di sel D6 sampai J6 ditulsikan nama hari mulai Minggu sampai dengan Sabtu.
Selanjutnya  Gabung (merge) terlebih dahulu sel E4 sampai I4. Lalu tuliskan rumus =DATE(J4,D4,1)  Format sel tersebut dengan menekan (Ctrl+1), pilih Custom dan tuliskan [$-21]mmmm yyyy Fungsi kode [$-21]  untuk menampilkan nama bulan dalam format bahasa Indonesia.

Selanjutnya di cel (D7), kita tuliskan rumus =E4-Weekday(E4)+1  Untuk hari Senin (E7), kita tulis rumus =D7+1  kemudian copy rumus di hari senin ke hari Selasa sampai hari Sabtu. Untuk minggu kedua, sel D8 hari Minggu dituliskan rumus  =D7+7  copi paste ke bawah sampai D12. Dan untuk hari yang lain, tinggal copy paste rumus di sel E7:J7

Disini kita menggunakan fasilitas Conditional Formatting untuk menyamarkan tanggal-tanggal sebelum tanggal 1 serta kelebihan tanggal di akhir bulan. Jadi kita seleksi sel D7:J12, pilih Conditional Formatting, New Rule, Use Formula to determine which cells to format. Di kotak rumus kita tuliskan  =Month(D7)<>$D$4  Lalu format Font-nya menjadi warna putih.
Seleksi kembali sel D7:J12 lalu masuk di format sel pilih custom dan copy paste rumus berikut pada kotak GENERAL [$-21]dd  klik OK jika selesai.

Sampai disini calendar yang kita buat telah selesai silahkan dimodifikasi sendiri sesuai dengan keinginan sahabat infoalya.com.

Untuk membuat Dropdown list silahkan disini Buat Dropdown List Di Ms Excel Yuk Sahabat
Selamat mencoba.
Share this with short URL:
Blogger
Disqus
Tinggalkan Komentar

Tidak ada komentar

[+] Silahkan tinggalkan komentar
[+] Berkomertarlah dengan santun
[+] Mohon tidak meninggalkan live link
[+] Terima kasih untuk komentar anda

 

ketik dan enter untuk mencari